Halloween party ideas 2015

Sering Gonta-Ganti Oli Bikin Karakter Mesin Motor Berubah


Mesin Motor Ibarat sebuah tubuh yang perlu dijaga dan dirawat dengan benar. Untuk itu, pemakaian oli sebaiknya jangan suka gonta-ganti merek. Kebiasaan ini ternyata bisa bikin karakter mesin motor berubah.


Semua jenis dan merek oli memiliki karakter yang berbeda-beda, sifat oli sebenarnya selain sebagai pendingin mesin motor, melumasi untuk mengurangi gesekan, oli juga bersifat sebagai pembersih mesin kendaran. Dengan memakai oli yang sifatnya pembersih maka semua kerak yang ada di mesin motor akan rontok.

Kerak ini berasal darisisa-sisa oli lama yang kendungan pembersihnya rendah, dan tertinggal di komponen mesin motor. Lapisan kerak oli ini sebenarnya yang membuat suara mesin motor menjadi lebih halus.

Contohnya saja pada bagian bantalan (bearing), kalau bagian ini terlapisi dengan kerak oli maka tidak akan menimbulkan bunyi. Namun kalau kerak oli ini hilang atau rontok maka komponen bagian bantalan akan menimbulkan bunyi. Namun ini tidakah menjadi masalah karena memang hal ini sudah bawaan karakter dari mesin motornya.

Sebaiknya kami sarankan agar Anda para pemilik kendaraan sepeda motor agar tidak gonta-ganti jenis dan merek oli Anda. Alangkah baiknya apabila Anda tetap memakai satu jenis atau merek oli untuk kendaraan Anda yang dirasa cocok dengan komponen mesin kendaraan.

Demikian artikel tentang Sering Gonta-Ganti Oli Bikin Karakter Mesin Motor BerubahSemoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Post a Comment

Powered by Blogger.