Halloween party ideas 2015

Kontak di WhatsApp Tidak Muncul, Kenapa?


Salah satu aplikasi pesan instan terpopuler adalah WhatsApp, aplikasi ini sangat disukai oleh para penguna android. Selain itu, alasan mengapa WhatsApp sangat di sukai adalah karena bobotnya/ kapasitasnya yang rendah sehingga tidak memakan terlalu banya kapasitas RAM.

Namun ternyata, ada masalah kecil yang mungkin pernah Anda alami sebagai penguna WhatsApp yaitu kontak yang tidak muncul.

Padahal, WhatsApp biasanya secara otomatis membaca kontak orang-orang yang juga sudah menggunakan WhatsApp. Berikut penjelasannya :

Pertama, kalau kontak teman Anda  tidak muncul di dalam daftar kontak WhatsApp, lakukan hal berikut :

  1. Pastikan teman Anda menggunakan WhatsApp
  2. Pastikan Anda memiliki nimor telepon teman Anda. Kalau teman Anda berada di luar negeri, pastikan Anda menyimpan nomer telponnya dalam format internasional lengkap.
  3. Pastikan temn Anda memiliki versi terbaru WhatsApp.
  4. Pastikan teman Anda sudah mengizinkan WhatsApp untuk mengakses kontak telpon Anda pada keamanan atau izin perangkat.
  5. Didalam buku alamat telpon, pastikan semua akun kontak dan semua grup kontak sudah disetel "terlihat" atau "dapat dilihat".
  6. Kemudian buat kontak Anda"tidak terlihat", lalu mengubahnya kembali menjadi "terlihat" untuk melakukan pembaruan pada daftar kontak WhatsApp.
  7. Selanjutnya, buka WhatsApp > Kontak > Tombol Menu > Perbarui.
  8. Sebagai alternatif lain, Anda dapat memilih untuk menampilkan semua kontak, tidak hanya yang "terlihat".
  9. Untuk melakukannya, ketuk/sentuh Tombol Menu > Setelan > Kontak > Tampilkan Semua Kontak.
Kalau langkah diatas masih belum bisa, Anda dapat mencoba langkah berikut ini : 

Lakukan Clear Data di Aplikasi WhatsApp, caranya buka Menu Setting > Aplication > WhatsApp > Clear Data.

Ini juga sekaligus menghapus cache. Bila berhasil ukuran data dan cache WhatsApp Anda menjadi nol. Namun perlu di ingat, sebaiknya Anda melakukan back up supaya chat Anda tidak hilang.

Tapi biasanya, di setelan default, WhatsApp melakukan local back up secara rutin. Namun untuk sekedar memastikan, tidak ada saahnya juga melakukan back up secara manual, termasuk ke Google Drive buat Anda yang merupakan penguna smartphone Android.

Berikutnya, Anda buka kembali WhatsApp. Disini Anda akan dibawa ke tampilan ketika Anda pertama kali memasang WhatsApp. Anda hanya perlu mengisi nomor ponsel, dan menungu kode verivikasi, dan sebagainya.

Setelah proses selesai, WhatsApp biasanya akan secara otomatis membaaca back up file di ponsel, atau menanyakan apakah kamu akan melakukan back up?

Nah, seharusnya setelah melakukan langkah-langkah diatas, kontak WhatsApp Anda akan muncul seperti semula.

Namun jika masih belum juga muncul langkah terakhir adalah sebaiknya Anda lakukan uninstall, kemudian instal kembali Aplikasi WhatsApp Anda.

Sekian informasi di atas, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi semua. Jangan lupa share ke teman kalian. Terima kasih

Post a Comment

Powered by Blogger.