Halloween party ideas 2015

Cloud Computing, TeknologiTerbaik untuk Dunia Bisnis

Cloud Computing adalah istilah yang telah digunakan banyak industri IT dan mempunyai arti berbeda untuk setiap orang. Namun intinya pengertian couldsecara standar adalah suatu metode baru penyewaan IT yang dapat di sesuaikan dengan keperluan sehingga akan menghemat biaya. Karena bersifat virtual cloud server saat ini telah menjadi solisi terbaik untuk perusahaan yang ingin memiliki server tanpa harus melihat dan membeli server fisik yang sangat mahal.


Server cloud sekarang ini telah di manfaatkan banyak perusahaan di indonesia untuk memindahkan teknologi milik mereka kedalam pusat data cloud hosting milik penyedia layanan. Ketersediaan jaringan internet dengan kecepatan super tinggi di indonesia adalah salah satu faktor perubahan besar ini, sehingga akan memungkinkan konsolidasi secara revolusioner.

Selain itu alasan penghematann biaya dan perbaikan kualitas  layanan juga menjadi faktor meningkatnya perusahaan yang memilih layanan cloud server. Pemilik layanan publik nantinya akan mendapatkan keamanan dengan teknologi cangih yang akan pantau hingga 7x 24 jam oleh penyedia layanan cloud hosting.

Dengan memilih cloud hosting, perusahaan akan mendapat banyak perangkat terbaru serta sistem berteknologi tinggi yang biasanya hanya dimiliki perusahaan besar. Pengertian cloud server atau komputasi awan secara umum jenisnya terbagi dalam tiga kategori, yaitu public cloud, hybrid cloud, dan private cloud.

Private Cloud
Privat cloud adalah arsitektur data center yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang menyediakan fleksibilitas, skalabilitas, provisioning, otomatisasi, dan monitoring. Tujuan dari private cloud ini adalah tidak menjual software as a service kepada pelangan eksternal, melainkan untuk memperoleh manfaat dari dari arsitektur cloud dan juga dapat mempertahankan kontrol pusat data Anda sendiri.

Hybrid Cloud
Dengan menggunakan pendekatan hybrid perusahaan dapat mempertahankan kontrol dari privat cloud yang dikelola secara eksternal dan dapat juga mengandalkan public cloud yang diperlukan. Misalnya, selama periode puncak aplikasi individual atau bagian dari aplikasi dapat bermigrasi ke public cloud.

Public Cloud
Sebuah public cloud pada dasarnya adalah penyedia layanan menggunakan internet untuk membuat sember daya, seperti aplikasi yang juga dikenal dengan SaaS dan penyimpanan yang tersedia untuk umum. Contoh public cloud yang paling terkenal adalah Google AppEngine, WIndows Azure Services Platfrom, IBM Blue Cloud, Amazon Elastic Compute Cloud, dan Sun Cloud.

Semua orang pasti sudah pernah dengar tentang cloud server, namun tidak semua orang benar memahami dari banyaknya jenis layanan server cloud tersebut secara rinci. Cloud computing menawarkan berbagai cara untuk bisnis terutama untuk meningkatkan kapasitas IT tanpa harus menambah infrastruktur, personil, dan perangkat lunak.

Jenis cloud computing dan apa yang ditawarkan

Service Commerce
Service commerce adalah kombinasi antara SaaS dan Managed Sercices, mereka akan menyediakan pusat layanan yang berinteraksi dengan penguna. Penerapan secara umum termasuk biaya pelacakan, pemesanan perjalanan, atau layanan asisten dan juga virtual.

Softwarw as a Service
SaaS ini adalah sebuah gagasan untuk menyediakan aplikasi yang diberikan ke beberapa penyewa. Biasanya menggunakan browser dan SaaS yang umum digunakan adalah dalam penjualan HR dan ERP.

Web Based Cloud Services
Layanan ini akan memungkinkan Anda untuk memanfaatkan fungsi layanan dari web tertentu tanpa menggunakak aplikasi sepenuhnya. Sebagai contoh dari SaaS termasuk API untuk Google Maps atau untuk layanan seperti melihat gaji atau pengelolaan kartu keredit.

Utility Cloud Services
Ini adalah penyimpanan dan server virtual pilihan yang organisasi dapat mengakses pada permintaan, bahkan memungkinkan menciptakan sebuah pusat data virtual.

Platfrom as aService
Platfrom as a service adalah varian dari SaaS yang akan memungkinkan untuk menjalankan aplikasi Anda sendiri terapi Anda melakukan pada infrastruktur penyedi cloud server.

Managed Services
Managed servicea ini mungkin interasi tertua dari solusi cloud server yang biasanya digunakan untuk suatu aplikasi saja dan bukan untuk penguna. Misalnya, digunakan untuk layanan anti spam atau layanan monitoring aplikasi.

Cloud Computing sekarang ini sudah menjadi pilihan yang layak dan bahkan sangat diperlukan banyak model bisnis. Saat ini telah banyak pilihan mulai dari layanan cloud provider Indonesia serta lear negri dengan penawaran yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan penguna.

Sekian informasi yang saya berikan semoga informasinya bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman kalian. Terimakasih :)

Post a Comment

Powered by Blogger.