Halloween party ideas 2015

Manfaat "Menyelah" sebelum Mesin Motor Dihidupkan


Salah satu sara untuk merawat kinerja motor agar tetap maksimal adalah dengan memanaskan mesin motor setiap hari. Ini berguna agar oli terdistribusi kembali ke seluruh bagian motor, setelah tak digunakan dalam beberapa jam.

 Ada teknik tersendiri agar proses memanaskan motor lebih maksimal. Teknik tersebut adalah menyelah motor terlebih dahulu dalam keadaan mesin mati beberapa kali, baru kemudian kontak diposisikan "on".

"Cara itu bagus. Agar dalamnya panas dulu, sebab kalau sudah panas mesin motor akan mudah hidup. Kalau posisi kunci langsung on kadang susah untuk mesin langsung hidup," ujar Agung.

Hal serupa juga dikatakan oleh Misan, seorang mekanik senior Adolina Motor Sport yang terletak di Kukusan, Depok. " Diselah dulu sekitar tiga kali sebelum kunci kontak on. Agar waktu motor hidup sudah ada oli yang melumuri mesin. Ibaratnya kalau orang, baru bangun tidur langsung minum air dulu," ujarnya.

Ajung menambahkan, motor dalam kondisi mati bisa membuat oli mesin turun. Sehingga sebelum mesin dinyalakan hal tersebut sangat berguna agar oli terdistribusi terlebih dahulu. "Apalagi kalau motornya di tinggal beberapa hari," tambah Ajung.

Ajung juga mengatakan bahwa menyalakan motor sebaiknya dengan kick starter, bukan electric starter. "Kalau ini supaya aki lebih awet juga," tuturnya.

Ia mencontohkan, suatu ketika ada konsumen yang akinya mati. Usut punya usut, ternyata motor yang digunakannya dipaksa terus di nyalakan memekai electric starter, padahat sudah sebulan mesin motor tidak di hidupkan.

"Itu konsumen yang memakai Yamaha R15. Tau kan motor itu memang dari sananya tidak pakai kick starter? Untuk motor jenis ini memeang harus dipanaskan tiap hari," tutupnya.

Post a Comment

Powered by Blogger.